Balai Guru Penggerak Provinsi Sumatera Barat

Kunjungan Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Sumatera Barat Pada Lokakarya PGP

Memasuki pertengahan November Balai Guru Penggerak Provinsi Sumatera Barat masih sangat aktif menjalankan program-program Nasional di daerah-daerah di Provinsi Sumatera Barat. Program Sekolah Penggerak (PSP) yang sedang berjalan 2 angkatan secara serentak, bersamaan dengan Program Guru Penggerak (PGP) yang saat ini berjalan 4 angkatan secara serentak, ditambah Program Implementasi Kurikulum Merdeka diusahakan agar berjalan sesuai target sebelum berakhirnya tahun 2022.

Sabtu, 12 November 2022, Ibu Sri Yulianti, M.Pd, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Sumatera Barat mengunjungi SMPN 5 Gunung Talang, Kab. Solok dan SMPN 5 Kota Padang yang menjadi tempat pelaksanaan Lokakarya 8 Program Guru Penggerak Angkatan 4. Lokakarya 8 Program Guru Penggerak Angkatan 4 ini dilaksanakan secara serentak di 7 Kab./Kota di Provinsi Sumatera Barat.

Lokakarya ini sendiri merupakan salah satu rangkaian pembelajaran yang selalu ada pada setiap Program Guru Penggerak. Pada kegiatan lokakarya para Calon Guru Penggerak (CGP) akan berkumpul di satu lokasi dan didampingi oleh Pengajar Praktik. Para aktor tersebut akan berdiskusi sesuai tema yang sudah ditentukan pada program ini. Berbeda dengan Angkatan setelahnya yang mengagendakan 8 Lokakarya, PGP Angkatan 4 ini melakukan Lokakarya sebanyak 10 kali. Dimulai dengan Lokakarya Orientasi dan diakhiri dengan Lokakarya 9 yang direncanakan akan dilaksanakan pada 26 November 2022. Para Calon Guru Penggerak PGP Angkatan 4 ini akan direncanakan akan lulus sebelum berakhirnya tahun 2022 dan menjadi Angkatan pertama yang akan diluluskan oleh Balai Guru Penggerak Provinsi Sumatera Barat.

Pada Kunjungan Ibu Sri Yulianti kali ini, Beliau melihat dan menanyakan kepada para peserta sudah sejauh mana perubahan mereka saat ini. Sesuai dengan tema kali inipun kita dapat melihat para CGP menyampaikan dan menyajikan sudah sejauh mana perkembangan mereka dan mendiskusikan perkembangan mereka ketika mencarikan solusi terhadap masalah-masalah yang dihadapi saat menerapkan apa yang mereka dapatkan selama Pendidikan. Sangat terlihat bahwa sangat banyak CGP mengalami transformasi sebagai pemimpin Pendidikan ketika mereka dituntut agar dapat memberikan solusi terhadap setiap permasalahan di lingkungan belajar mereka.

Para Pengajar Praktik dan Para Calon Guru Penggerak pada kunjungan kali inipun mengaku senang menerima kunjungan kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Sumatera Barat dan berharap bisa bekerja sama dan berkontribusi lebih untuk dunia Pendidikan Indonesia terkhusus di Provinsi Sumatera Barat.

Nonton Juga